Cara Memperbaiki dan Mengatasi Subtitle yang Telat

Sobat blogger agung eka,pada kesempatan kali ini saya akan membahas seputar Cara Memperbaiki dan Mengatasi Subtitle yang Telat.Subtitle yang biasanya telat/terlambat memang sungguh sangat menyebalkan karena tidak sesuai dengan videonya.Saya selalu mengalami hal ini dan itu sangat menganggu ketika saya tengah nonton film.

Softsub merupakan jenis subtitle yang sangat biasanya mengalami seperti itu.Untuk memperbaiki dan mengatasinya ada berbagai cara yaitu :

1.Download Aplikasi Subtitle Workshop.
Aplikasi ini sangat ampuh dalam hal menyesuaikan subtitle yang terlambat.Saya merupakan salah satu pengguna subtitle workshop,jadi jangan perlu khawatir dengan subtitle yang telat.Ini tutorial cara menyesuaikannya lewat Subtitle Workshop :
  • Klik menu File > Load Subtitle > Pilih subtitle yang ingin diedit atau disesuaikan > Open ( CTRL + O )
  • Setelah filenya sudah terbuka,anda bisa pilih menu Edit > Timings > Set Delay ( CTRL + D )
  • Pada kotak dialog Set Delay,anda bisa mengatur waktu kecepatan subtitlenya,jika timingnya anda ingin lebih pilih ( + ) atau jika kurang pilih ( - ).Pada kotak tersebut ada dua pilihan yaitu For all the subtitles dan For selected subtitles.
  • Untuk For all selected subtitles yaitu memilih semua bagian subtitle yang ingin diedit timingnya namun jika itu For selected subtitles anda hanya blok beberapa bagian subtitle yang anda ingin edit.
  • Setelah semuanya selesai tinggal,pilih Apply 
  • Lalu yang terakhir anda bisa pilih menu File > Save ( CTRL + S )


2.Menggunakan Aplikasi Notepad atau Notepad ++
Selain menggunakan aplikasi Subtitle Workshop,anda juga bisa mengedit timingnya dengan menggunakan Aplikasi bawaan Windows yaitu Notepad.Namun,ini menggunakan hal yang bisa dibilang rumit karena harus mengatur secara satu per satu dan tidak disarankan untuk para pemula.Caranya yaitu
  • Buka Notepad anda,pilih menu File > Open ( CTRL + O ) 
  • Setelah muncul kotak dialog Open.pada menu dropdownya anda bisa pilih All Files > lalu pilih file subtitlenya > kemudian pilih Open.
  • Pada bagian ini muncullah beberapa bagian subtitle,anda sekarang bisa edit timingnya pada bagian timing yang menunjukkan jam,menit,dan detik.
  • Setelah selesai anda bisa menyimpan hasilnya dengan pilih menu File > Save


Nah,demikianlah tadi seputar Cara Memperbaiki dan Mengatasi Subtitle yang Telat.Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua.

4 Responses to "Cara Memperbaiki dan Mengatasi Subtitle yang Telat"

  1. makasih gan infonya :)


    Gabung Sekarang Menjadi Mitra Serbabayar.com & Dapatkan Secara GRATIS APK Android Bisa di Share Ke Pelanggan / Komunitas Kalian. Tanpa Modal Bisa Untung Setiap Bulannya , Tunggu Apa lagi Klik Sekarang www.serbabayar.com

    BalasHapus
  2. kalau subnya sudah bawaan dari filmnya gimana cara mengatasi delaynya gan?

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Wow Subtitle Workshop emang paling ampuh buat ngepasin timing subtitle dari pada agan agan resync lewat GOM, MPC dll ntar lama kelamaan timing nya berubah lagi, makasih ya gan infonya sangat bermanfaat! :)

    BalasHapus