Tips Memilih Nama Domain yang Benar dan Tepat untuk Meningkatkan SEO dari Blog Anda

Sobat blogger agung eka,pada kesempatan kali ini saya akan membahas artikel yang berjudul Tips Memilih Nama Domain yang Benar dan Tepat untuk Meningkatkan SEO dari Blog Anda.Sebelum melangkah lebih dalam mengenai artikel ini patutnya anda harus mengetahui apa itu domain dan manfaat memiliki nama domain yang tepat juga aturan pemilihan namanya disini

Image by google.com
Memilih nama domain yang benar dan tepat memang sangat diperlukan bagi anda yang ingin memulai berkarya di bidang blogging dan website.Itu karena selain meningkatkan SEO dari blog atau website anda juga agar dapat lebih dikenal oleh pengunjung.Memiliki sebuah nama domain yang baik memang sungguh keharusan apalagi disaat ini persaingan antar blogger makin meningkat karena telah banyaknya blog yang menarik dan kreatif.

Beberapa para blogger sangat menyukai adanya TLD atau Top Level Domain yang merupakan Custom domain milik kita sendiri yang kita buat dan beli di Website pengelola domain.Berikut ini adalah tips untuk menentukan nama domain yang benar dan tepat agar dapat meningkatkan seo dari website / blog anda,yaitu :

1.Singkat,serta Mudah Diingat
Usahakan untuk membuat nama domain anda sesingkat mungkin.Domain yang singkat akan membantu pengunjung mengingat nama domain.Sebagian pengguna internet mengetikan langsung alamat website pada adress bar browser.Jika domain terlalu panjang atau sudah untuk diingat,anda perlu memberikan sebuah link atau text untuk mem-bookmark website anda pada browser pengunjung.Fasilitas bookmark ( pada Internet Explorer disebut Favorites ) ini tersedia pada semua browser yang ada saat ini.Cara yang paling cepat untuk mem-bookmark suatu halaman situs adalah dengan menekan tombol CTRL + D secara bersamaan.

2.Mudah Dibaca dan Dilafalkan
Detik.com,Yahoo.com,Google.com,Databasebisnis.com adalah contoh nama domain yang mudah untuk dibaca dan dilafalkan.Coba bandingkan dengan kjks83shxcsz.com atau jzxczmdsf.net tentu hal tersebut sangat susah? Kemudahan nama domain untuk dibaca akan mengurangi resiko mistype atau salah ketik oleh pengunjung website.

3.Hindari memakai Angka sebagai Singkatan dalam Nama Domain
Misalnya,1 untuk mewakili one / wan,2 untuk mewakili two / to,4 untuk mewakili four / for,dan sebagainya.Meski mudah diingat,tapi akan meningkatkan kemungkinan error atau salah mengetik di browser ketika diucapkan.

4.Berkaitan dengan Isi dari Website Anda.
Jika website anda merupakan website perusahaan,organisasi,nama produk,atau merek dagang maka nama domain yang digunakan sebaiknya mampu sedikit memberikan clue / petunjuk kepada pengunjung tentang isis dari website atau blog anda,misalnya : www.nomorcantikxplor.com dari domain tersebut atau paling tidak kita bisa tahu bahwa website menyediakan SIM Card dengan nomor-nomor cantik untuk GSM Xplor dari XL.

5.Gunakan TLD .com
Ekstensi untuk TLD : .com sangat direkomendasikan karena orang lebih cenderung mengetik.com sebagai ekstensi sebuah domain.Bayangkan bila anda membeli nama domain dengan ekstensi .net dan pengunjung anda lebih sering mengetikkan nama domain dengan ekstensi .com.Hal tersebut sangat merugikan anda karena traffic lari ke kompetitor anda.

6.Hindari Bentrokan dengan Masalah Hak Cipta
Berikutnya,untuk menghindari masalah di kemudian hari,anda usahakan untuk tidak memakai nama domain yang sudah ada hak ciptanya seperti menggunakan merek - merek besar.Jika anda bukan orang yang memiliki akses untuk boleh memakai merek,misal Toyota maka jangan pernah membuat domain dengan nama Toko-Toyota.com atau Toyota-Resmi.com.Anda tidak akan pernah tahu kapan pemegang merek akan merasa tersinggung dengan nama domain anda,lalu mengadukan anda ke pengadilan atas masalah pelanggaran hak cipta.

7.Untuk Personal Branding,Gunakan Nama Anda
Jika akan menggunakan domain anda untuk mengembangkan nama sendiri,gunakanlah nama anda,misal : AndiOnline.com.Jangan gunakan nama barang apalagi nama orang lain.

8.Terakhir,Gunakan Top atau Best atau Sejenisnya untuk Website Review
Jika membeli domain yang akan dipergunakan untuk affiliate marketin dengan tipe review,ide yang baik adalah memakai kata best atau top dalam nama domain anda.

Nah,demikianlah tadi dari saya untuk artikel mengenai Tips Memilih Nama Domain yang Benar dan Tepat untuk Meningkatkan SEO dari Blog Anda.Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua.